Polisi Sebut Eks Kadistrik di Mimika Beri Rp 30 Juta ke KKB Beli Amunisi

Mimik – Anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) bernama Epson Nirigi ditangkap aparat di Mimika, Papua Tengah. Polisi mengatakan Epson Nirigi pernah menerima uang Rp 30 juta dari mantan Kepala Distrik (Kadistrik) Kenyam bernama Musianus Mijile untuk kepentingan membeli amunisi.

“Epson Nirigi pernah dihubungi oleh Kepala Distrik Kenyam untuk diberikan uang berjumlah 30 juta sebagai ongkos untuk mecarikan amunisi kepada Egianus Kogoya,” ujar Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno dalam keterangannya, Rabu (21/2/2024).

Menurut Bayu, Epson memang anak buah KKB pimpinan Egianus Kogoya yang bertugas memasok amunisi dan senjata. Epson juga telah berulang kali terlibat aksi kriminal dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Nduga.

“Pernah terlibat dalam sejumlah aksi kriminal hingga diterbitkannya laporan polisi dan DPO dari Polres Nduga,” ujar AKBP Bayu Suseno.

Bayu menjelaskan, Musianus Mijile sendiri telah ditangkap aparat pada 30 April 2023 lalu. Saat ini Musianus sedang menjalani hukuman penjara akibat kasus senjata dan amunisi ini.

“Perlu diketahui bahwa Musianus Mijele tengah menjalani hukuman dengan putusan pidana penjara 2 tahun,” tutur Bayu.

Diberitakan sebelumnya, Epson Nirigie dibekuk aparat saat mengikuti rapat rekapitulasi suara Pemilu di Hotel Lavela Inn, Kota Timika, Mimika, Selasa (20/2). Selama menjadi anak buah Egianus, Epson bertugas sebagai penyuplai amunisi dan senjata.

“Epson Nirigi dalam KKB adalah sebagai penyuplai amunisi dan senjata,” imbuhnya.

Bayu menuturkan, dalam penangkapan ini aparat menemukan sejumlah barang bukti dari tangan Epson. Di antaranya uang tunai senilai Rp 116 ribu, kartu ATM, KTP, SIM C, kartu BPJS, dompet, dan kartu Yayasan Kuala Papua Indonesia.

“Selama penangkapan Satgas berhasil menyita sejumlah barang bukti, termasuk 1 buah tas pinggang, uang tunai 116 ribu, 1 buah charger oppo, 1 buah korek, 2 buah buku nota, 1 buah flashdisk,”pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*