Pertamina Gali Harta Karun “Bukan Migas Biasa” Tahun Ini

Tim PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) terus melakukan pengeboran sumber minyak Blok Rokan, Riau dalam mencapai target 161 sumur baru periode Agustus hingga Desember 2021.

PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Subholding Upstream PT Pertamina (Persero), saat ini tengah mempersiapkan proses pencarian harta karun “bukan migas biasa” atau minyak dan gas (migas) non konvensional (MNK). Ini dilakukan sebagai upaya untuk menggenjot kenaikan produksi migas perusahaan.

Direktur Eksplorasi PHE Muharram Jaya Panguriseng mengatakan, melalui anak usaha yakni Pertamina Hulu https://dwslot88apk.com/ Rokan (PHR), diharapkan pengeboran untuk dua sumur MNK di Blok Rokan pada tahun ini dapat terlaksana. Setidaknya, pada tahun ini ada dua sumur MNK yang akan dibor yakni Sumur Gulamo dan Kelok.

“PHE lewat anak usahanya yaitu PHR Rokan saat ini sedang melakukan persiapan pengeboran untuk 2 sumur MNK. Saya kira Pertamina harus jadi pionir lah,” ungkapnya dalam sebuah diskusi dengan media di Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Menurut Muharram, untuk sumur Gulamo sendiri saat ini pihaknya tengah menanti kedatangan Rig pengeboran. Sedangkan untuk sumur Kelok saat ini prosesnya masih pada proses pengajuan izin lingkungan.

“Selain dua pengeboran MNK itu, Pertamina EP di tiga region ini sudah masuk ke WPNB 2023 kita akan melakukan evaluasi di Sumatera, Jawa dan Kalimantan di lingkar EP. Ini terkait MNK,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan pemerintah mendorong pengembangan ‘harta karun’ migas non konvensional (MNK). Mengingat, potensi dari MNK ini cukup menjanjikan.

Arifin sendiri saat ini tengah menanti proses persiapan pencarian minyak non konvensional di Blok Rokan. Pasalnya, potensi MNK di Blok Rokan telah dilirik oleh perusahaan Amerika Serikat.

“Ini sudah komunikasi baik dengan kita dan kelihatannya keinginannya masuk ke Indonesia gak hanya non konvensional tapi juga konvensional,” kata dia saat ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (27/7/2022).

Namun sayang, Arifin belum dapat membeberkan nama perusahaan yang sudah menjalin komunikasi terkait pengembangan MNK di Blok Rokan itu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*