Camping Ground Ranu Regulo Ditutup Total Dampak Cuaca Buruk

Lumajang – Camping Ground Ranu Regulo yang terletak di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang ditutup total. Penutupan dilakukan karena cuaca buruk hujan lebat dan disertai angin kencang.

Area camping di tepi danau ditutup untuk aktivitas wisata mulai tanggal 5 Februari 2024. Penutupan Camping Ground Ranu Regulo termuat dalam surat Nomor: PG.1/T.8/BIDTEK/KSA.5.1/B/02/2024. Pengumuman tersebut disampaikan Instagram resmi BBTN BromoTengger Semeru.

“Memperhatikan kondisi cuaca serta potensi adanya pohon tumbang yang dapat mengancam keselamatan pengunjung, maka kegiatan kunjungan dan berkemah di area Camping Ground Ranu Regulo ditutup secara total,” kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru C Hendro Widjanarko dalam keterangannya, Sabtu (3/2/2024)

Seperti disebutkan, bukan hanya karena cuaca buruk, penutupan kegiatan kunjungan dan berkemah di area Camping Ground Ranu Regulo juga bertujuan untuk pemulihan ekosistem Ranu Regulo. Hal ini sebagai upaya menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya.

“Penutupan mulai tanggal 5 Februari 2024 sampai dengan pemberitahuan berikutnya. Penutupan juga dilakukan untuk pemulihan ekosistem Ranu Regulo,” ungkapnya.

“Demikian pengumuman ini kiranya dapat disebarluaskan pada segenap pecinta alam dan peminat wisata berkemah serta pihak-pihak terkait,” tutupnya.

Sebagai informasi, Ranu Regulo menawarkan pemandangan danau jernih seluas satu hektare yang dikelilingi bukit. Lokasinya tidak jauh dari tempat parkir kendaraan setempat. Jadi, tidak perlu jauh-jauh mendaki untuk sampai ke danau ini.

Wisatawan bisa mendirikan tenda di area Camping Ground Ranu Regulo. Menikmati keindahan alam dari tepi danau. Pemandangan matahari terbit dari tengah perbutikan di Ranu Regulo. Pemandangan ini sangat indah dan banyak membuat takjub wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*