4 Cara Alami Agar Ketiak Tak Bau seperti Orang Korsel-Jepang

Jakarta – Banyak orang di Korea Selatan dan Jepang ternyata tidak memiliki bau ketiak. Hal ini membuat warga setempat tidak membutuhkan deodoran dan membuat produk itu kurang populer di sana.
Kebanyakan orang tidak membutuhkan deodoran karena memiliki gen yang memberikan aroma klasik pada keringat. Sekalipun ada yang menjual, efeknya tidak seampuh deodoran di luar negara tersebut.

Umumnya, penyebab ketiak baru karena tubuh ditutupi dengan kelenjar keringat. Berkeringat itu berfungsi penting untuk membantu kita menenangkan diri. Ada dua jenis kelenjar keringat, yaitu ekrin dan apokrin.

Dikutip dari Healthline, kelenjar ekrin menutupi sebagian besar tubuh dan terbuka langsung di permukaan kulit. Sementara kelenjar apokrin, ini terjadi di area yang banyak mengandung folikel rambut, seperti selangkangan dan ketiak.

Alih-alih membuka hingga ke permukaan kulit, kelenjar apokrin bermuara di folikel rambut dan kemudian membuka ke permukaan.

Saat tubuh memanas, kelenjar ekrin mengeluarkan keringat yang mendinginkan tubuh. Biasanya tidak berbau sampai bakteri di kulit mulai memecahnya. Makanan dan minuman tertentu yang dikonsumsi serta jenis obat tertentu juga dapat menyebabkan keringat ekrin mengeluarkan bau.

Kelenjar apokrin bekerja terutama di bawah tekanan, mengeluarkan cairan yang tidak berbau. Cairan ini mulai menimbulkan bau ketika bersentuhan dengan bakteri di kulit. Kelenjar ini baru mulai bekerja pada masa pubertas, itulah sebabnya biasanya saat itu orang mulai merasakan bau badan.

Bagaimana Cara Mencegah agar Ketiak Tidak Bau?
Mandi Setiap Hari dengan Sabun
Sangat dianjurkan untuk mandi secara teratur setelah beraktivitas berat, seperti olahraga. Mandi dengan sabun ini bisa membantu menghilangkan bakteri dan keringat penyebab bau.

Gunakan Pakaian yang Longgar
Untuk mencegah ketiak bau, dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat. Jenis kain yang bisa menyerap keringat, seperti katun, linen, dan bahan campuran yang menyerap kelembapan.

Ini sangat penting terutama jika banyak berkeringat. Ini akan membuat tubuh tetap lebih dingin daripada mengenakan pakaian ketat yang terbuat dari bahan yang tidak dapat menyerap keringat.

Mencukur Bulu atau Waxing
Sebuah studi pada tahun 2016 menemukan bahwa mencukur atau waxing ketiak secara signifikan bisa mengurangi bau ketiak. Hal ini karena pembersihan lebih efektif pada kulit yang dicukur atau di-wax.

Kurangi Stres
Reaksi stres dapat menyebabkan kelenjar keringat memproduksi keringat. Maka dari itu, dengan mengelola stres dan mengurangi kecemasan bisa membantu meminimalkan respons fisiologis keringat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*